ANAKLAUT

Saturday, 22 December 2012

Manfaat Buah Markisa ( siri 2)


Tubuh kita sangat memerlukan vitamin, kerana vitamin tidak dihasilkan oleh tubuh, maka kita dapat memperolehnya dari buah-buahan. Buah-buah sangat baik untuk kesihatan. Passiflora edulis atau yang lebih dikenal dengan nama buah markisa adalah buah asli dari Amerika Selatan, biasanya kulit dari buah ini berwarna ungu gelap atau kuning cerah, dan rasanya unik dan menyegarkan.

 Pohon Markisa sudah menjalar memanjat para-para yang di sediakan

Masih perlu penjagaan dari rumpai dan serangga perosak

Buah markisa sering dibuat sebagai jus atau sering ditambahkan pada minuman-minuman buah lainnya, untuk menambah rasa. Ada juga yang membuat jus dari buah markisa.  Sebenarnya, buah markisa mempunyai manfaat kesihatan yang banyak, maka pada artikel ini kita akan membincangkan manfaat kesihatan dari buah markisa.

Buah yang mentah masih berwarna hijau

Bila masak akan bertukar warna unggu dan juga ada yang jenis kuning

Buah Markisa Kaya akan Serat: Buah markisa memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesihatan pencernaan, saluran pencernaan dan usus menjadi bersih. Anda dapat memilih buah markisa sebagai salah satu sumber serat. Biji dari buah ini pun boleh dimakan kerana mengandung serat. Buah markisa juga boleh dijadikan minuman ringan

.Ada juga yang kulit luarnya berwarna kuning

Buah Markisa Kaya Antioksidan: Warna-warna kulit buah yang ungu serta warna daging yang berwarna orenya, menunjukkan bahawa buah ini kaya akan antioksidan. Antioksidan bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel-sel barah dalam tubuh. Buah markisa memiliki air dan antioksidan yang larut dalam lemak. Salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam buah ini adalah beta-karoten.

Buah Markisa Sangat Baik bagi Penderita Asma: Bagi Anda penderita asma, markisa adalah buah yang sangat bergizi dan sehat yang dapat menenangkan serangan asma. Selain kerana mengandungi vitamin C, Markisa nampaknya memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.

Buah Markisa Memiliki Efek Relaksasi: Minum segelas jus markisa dingin dapat membantu anda mengendurkan saraf dan pikiran anda dan membuat perasaaan menjadi lebih tenang. Buahh ini sering dijadikan ubat untuk masalah pencernaan dan penyakit kambung.

Isi di dalamnya berwarna kuning dan sungguh berjus

Buah Markisa Sangat Baik bagi Penderita Insomia: Buah Markisa memiliki efek mengantuk pada sistem saraf manusia sehingga membuat perasaan tenang dan membantu anda dalam merilekskan firikan anda. Hal ini sangat membantu penderita insomnia atau mereka yang tidak boleh tidur nyenyak. Segelas jus markisa sebelum tidur  mungkin boleh anda minum 

Buah Markisa adalah Sumber Nutrisi yang Baik: Seperti yang kita ketahui sebelumnya, buah markisa adalah sumber vitamin C yang baik, Satu porsi 100 g (3,5 ons) mengandung 30 mg vitamin C. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh dan merupakan antioksidan. Satu porsi 100 g buah markisa mengandung 1275 IU vitamin A. Vitamin A meningkatkan kualiti penglihatan dan membantu dalam melawan infeksi, membuat kulit sihat bersinar dan membantu pertumbuhan sel. Buah markisa juga merupakan sumber kalium (348 mg dalam 100 g). Mineral ini memiliki efek yang menyihatkan pada jantung manusia dan membantu fungsi jantung, aliran dan tekanan darah dalam tubuh. Selain kalium, buah markisa juga mengandung zat besi, magnesium dan kalsium.

Buah Markisa sangat baik Dikonsumsi Orang yang Sedang Diet: Bagi orang yang sedang menjalani Diet, Buah-buah merupakan hal yang wajib dikonsumsi, dan markisa sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarnakan markisa memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100 g! Buah markisa juga rendah sodium dan lemak. Markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada buah ini membuat Anda kenyang, sehingga Anda tidak ingin makan makanan lain lagi.

Itu tadi manfaat-manfaat kesihatan yang boleh didapat dari buah markisa, Anda boleh memulai untuk mengkonsumsi buah markisa sebagai sumber nutrisi dengan cara mencampurkannya dengan bahan makanan lain atau mengkonsumsinya secara langsung.

                    2. http://hisamihalidi.blogspot.com/2013/02/markisa-3.html