ANAKLAUT

Wednesday, 8 February 2012

Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Pertanian (Google Earth)


Filed under: koleksi artikel — juwita @ 11:37 am 
Hmmm, bicara tentang pertanian yang berhubungan dengan teknologi? Banyak banget yang bisa kita tela’ah. Apalagi, komputer sekarang ini merupakan alat teknologi dan komunikasi yang sudah cukup canggih, didukung dengan berbagai aplikasi yang bisa kita download dari internet, ga salah dong kegiatan pertanian di bantu teknologi. :Pkarena, Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang seiring dengan kemajuan zaman menuntut peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan perangkat teknologi tersebut. Pada dasarnya peralatan teknologi informasi meliputi 3 perangkat utama, yaitu:
a) Sistem Komputer;
b) Jaringan Sistem Komunikasi;
c) Net Tools.
adapun trend teknologi manfaatnya, bisa di lihat dalam tabel ini :
jika kita kaitkan manfaat teknologi komunikasi dengan pertanian, pasti sudah tentu kemajuan di bidang pertanian itu di dukung oleh peran teknologi dan komunikasi, misalnya dalam bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril. Perusahaan Australia telah mengembangkan robot untuk keperluan bioteknologi. Dengan kemajuan teknologi seperti itu, maka pertanian bisa jadi, bukan lagi sekedar untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari saja, melainkan bisa juga di komersilkan karena produksinya melimpah akibat pemanfaatan teknologi. Sebenernya, kalau kita mau “otak-atik”aplikasi-aplikasi komputer terbaru, ada juga loh aplikasi di Google yang bisa membantu pertanian. Nah, Salah satunya kita bisa memanfaatkan aplikasi google earth. Aplikasi ini dibuat dalam gambaran pemetaan lahan bumi ataupun luar angkasa yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D.
Benang merah antara google earth dengan pertanian?
Zaman sekarang, pertanian semestinya sudah canggih dan bisa komersil melebihi penghasilan dari bidang non pertanian, karena Pertanian mencakup berbagai hal yang berada didalam dan di permukaan bumi, meliputi budidaya tanaman (termasuk tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan), kehutanan, peternakan, dan perikanan. Selain itu, pertanian bisa mencakup juga kedalam aspek ekonomi, dimana sering juga disebut Agribisnis. Kegiatan agribisnis ini bertujuan untuk lebih menambah nilai dari suatu hasil produksi pertanian. Dalam agribisnis, pengelolaan tempat usaha dan pemilihan bibit (varietas, galur, dan sebagainya) biasa diistilahkan sebagai aspek “hulu” dari pertanian, sementara distribusi, pengolahan, dan pemasaran dimasukkan dalam aspek “hilir”. Budidaya dan pengumpulan hasil merupakan bagian dari aspek proses produksi. Semua aspek ini penting dan bagaimana investasi diarahkan ke setiap aspek menjadi pertimbangan strategis. Dengan menggunakan aplikasi google earth, kita ga perlu cape – cape turun kelapangan, tujuannya hanya sekedar mengontrol keadaan dilapangan atau mencari lahan yang belum di manfaatkan. Dengan Google earth yang di bantu koneksi internet akan mempermudah kita untuk melacak lokasi lahan yang sesuai dengan memasukan alamat (untuk beberapa negara), memasukkan koordinat, atau menggunakan mouse untuk mencari lokasi. Kalo mau liat lebih jelas, nonton yuk video youtubenya :
aplikasi google earth membantu kita menguak potensi alam-alam yang masih belum terjamah sebab bisa terliput oleh gambaran 3D satelit yang tersedia untuk komputer pribadi yang menjalankan Microsoft Windows 2000, XP, atau Vista, Mac OS X 10.3.9 dan ke atas, Linux (diluncurkan tanggal 12 Juni 2006) dan FreeBSD . Gambaran virtual yang disajikan oleh google earth cukup baik, khususnnya untuk di beberapa daerah seperti Amerika Serikat dan Eropa yang revolusi gambaran peta cukup tinggi, serta Seluruh dunia (beberapa area, seperti Antartika, resolusinya sangat rendah) tergantung gambaran satelit yang di dapat pada daerah tersebut. Dari layar monitor komputer, google earth menyediakan berbagai fitur, yakni Pencitraan sejarah dari seluruh dunia, Data dasar dan permukaan lautan dari pakar kelautan, tentunya berwisata dengan perekaman audio dan suara yang telah ada dalam aplikasi google earth ini.
Dalam mensurvei permukaan lahan di bumi, fitur gratisan Google Earth ini dilengkapi fitur penelusuran Google Maps yang membantu mencari dan menyimpan lokasi bisnis, institusi pertanian, tempat – tempat penting di daerah manapun. Dengan aplikasi ini, diharapkan membantu kegiatan pertanian dalam menemukan tempat memasarkan hasil produk pertanian yang potensial .
Masih ada lagi manfaat yang di berikan google earth, misalnya ataupun membantu pemerintah untuk menyelamatkan lahan yang hampir rusak. Pada beberapa media elektronik yang memaparkan bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Freddy Numberi, menyatakan pemerintah tidak mengkhawatirkan keberadaan program baru provider internet terbesar di dunia Google, yakni Google Ocean. Secara singkat, beliau menyatakan bahwa dengan adanya alat ini, mempermudah untuk mengecek pulau-pulau yang tenggelam, terumbu karang yang rusak atau dieksploitasi, akses cepat berapa kemampuan atau daya penyerapan karbon dari laut sehingga informasi abrasi laut bisa cepat di ketahui. Contoh lain, dengan menggunakan google earth, kerusakan dilahan hutan mangrove sebagai green belt di wilayah Pantai timur Provinsi Lampung dapat kita lihat dari gambar ini.
Wow, terlihat kan perbedaannya antara lahan satu dan lain? Maka, sebenarnya pertanian yang di kombinasikan dengan informasi dan teknologi, menjadi suatu kerjasama yang baik loh. So pasti dengan penggunaan teknologi dan informasi yang sesuai jalur demi kepentingan hidup orang banyak, bukan untuk kepentingan sendiri.
Ya, sekedar informasi, untuk download google earth gratis dan mudah,
1.tinggal klik 
2.lalu, instal di komputermu.
referensi : koleksi artikel